Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Di Program studi Rekam Medis (Rekam Medis dan Informasi Kesehatan), kamu akan mempelajari hal-hal yang meliputi pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Dokumen rekam medis sangatlah penting sehingga peranmu di sini juga pasti akan sangat dibutuhkan. Pihak dokter akan memberikan penanganan kepada pasien berdasarkan rekam medis yang sudah Kamu buat. Untuk itu, prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Politeknik Medica Farma diadakan untuk menciptkan perekam medis yang unggul dibidang sistem pembiayaan kesehatan

Akreditasi RMIK

Pendidikan Diploma 3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Kesehatan (A.Md.RMIK.) dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan sebagai:

  • Pengode Klinis/Clinical CoderClinical coder yang unggul di bidang pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan. Pengubah informasi dari rekam medis pasien menjadi kode alpha numeric sesuai dengan sistem klasifikasi klinis
  • Koordinator Unit Kerja Rekam Medis dan Informasi KesehatanPersonal yang mengkoordinir pelayanan di Unit Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  • Pengolah Informasi KesehatanPelaksana pengumpulan sampai dengan penyajian data, serta menggunakan data tersebut untuk kebutuhan klaim biaya kesehatan( Sistem Pembiayaan Kesehatan)

Medica Farma Husada

Jl. Batu Ringgit, Tj. Karang, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83116

+62-852-9056-7257
pmfh@politeknikmfh.ac.id

Senin – Jum’at 08:00 A.M. – 03:00 P.M &
Sabtu 08.00 AM – 02.00 PM

Social Info

 

Visi dan Misi
Tujuan
Mata Kuliah dan RPS
Alumni
Lainnya

VISI

Menjadi Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang Unggul dalam Pengelolaan Sistem Pembiayaan Kesehatan dan Manajemen Informasi Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan pada Tahun 2025

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan berbasis teknologi informasi yang unggul pada aspek pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di Fasyankes dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Melakasanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasyankes
  3. Mengembangkan kualitas dan kuantitas di berbagai skim penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa dalam bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasyankes yang dipublikasikan sebagai upaya menghadapi persaingan global
  4. Mengembangkan kerjasama dan kemampuan dalam sistem organisasi, evaluasi, manajemen, da pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki dengan memanfaatkan kemajuan dibidang teknologi informasi khususnya dalam bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di Fasyankes
  5. Mengembangkan mutu lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja sehingga terwujud brand image program studi di tengah-tengah publik dalam mengembangkan kewirausahaan dan pengembangan dalam bidang rekam medis dan informasi kesehatan khususnya dalam bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasyankes
  1. Menghasilkan pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan berbasis teknologi informasi yang unggul pada aspek pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dan mengacu pada KKNI.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan
  3. Menghasilkan kualitas dan kuantitas di berbagai skim penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa di bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan, yang dipublikasikan sebagai upaya menghadapi persaingan global.
  4. Menghasilkan kerjasama dan kemampuan dalam sistem organisasi, evaluasi, manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi informasi khususnya dalam pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Menghasilkan mutu lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga terwujud brand image Program Studi di tengah-tengah publik dalam pengembangan kewirausahaan dan pengembangan dalam bidang rekam medis dan informasi kesehatan khususnya dalam bidang pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan dan manajemen informasi kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Alumni

The Kingster University Alumni Association is excited to announce the arrival of KU Alumni Connect. This is a new community building platform for Kinster’s alumni. It is the only place online where you can find, and connect with, all 90,000 Kingster’s alumni. All alumni are automatically enrolled!

Kingster University was established by John Smith in 1920 for the public benefit and it is recognized globally. Throughout our great history, Kingster has offered access to a wide range of academic opportunities. As a world leader in higher education, the University has pioneered change in the sector.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu melaksanakan sistem klasifikasi klinis dan kodefikasi penyakit yang berkaitan dengan kesehatan dan tindakan medis sesuai terminologi medis mengacu pada sistem klasifikasi internasional menggunakan cara manual dan elektronik.
  2. Mampu melaksanakan indeks dengan cara mengumpulkan data penyakit, kematian, tindakan dan dokter yang disajikan dalam bentuk laporan indeks.
  3. Mampu melaksanakan evaluasi kelengkapan isi diagnosis dan tindakan dengan metode kuantitatif menghasilkan ketepatan pengkodean sesuai sistem klasifikasi internasional yang berlaku.
  4. Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan pasien meliputi pendaftaran, filing, dan korespondensi menggunakan cara manual dan elektronik menghasilkan dokumen data rekam medis untuk digunakan pada manajemen dasar rekam medis dan informasi kesehatan.
  5. Mampu melaksanakan verifikasi data mengacu pada Standar Prosedur Operasional (SPO) pemeriksaan data menggunakan metode manual dan elektronik menghasilkan dokumen informasi untuk divalidasi oleh atasan langsung sebagai dasar pengambilan keputusan.
  6. Mampu mensosialisasikan setiap program pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan kepada pihak internal dan eksternal tentang sarana pelayanan kesehatan menggunakan media cetak dan elektronik untuk meningkatkan pengetahuan tentang rekam medis dan informasi kesehatan pada masyarakat.
  7. Mampu melaksanakan hubungan kerja inter dan antar profesi sesuai dengan kode etik profesi untuk mewujudkan komunikasi satu arah, kerja tim untuk menghasilkan mutu pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang optimal .
  8. Mampu mengelola kelompok kerja dan manajemen kerja dalam menjalankan organisasi sebagai penyelenggara dan pemberi pelayanan kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen untuk menghasilkan pengendalian sumber daya manusia sejalan dengan kebutuhan prioritas organisasi (P2CP5)
  9. Mampu melaksanakan pengelolaan struktur isi dan standar data rekam medis baik manual maupun elektronik untuk menghasilkan informasi kesehatan pada data rekam medis manual dan elektronik (P3CP1);
  10. Mampu melaksanakan pencatatan dan pelaporan data surveilans yang dilakukan secara rutin menggunakan cara manual dan elektronik sesuai sistem pelaporan, standar Sistem Informasi Rumah Sakit/SIRS dan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas/SIMPUS (P3CP2);
  11. Mampu melaksanakan pengumpulan dan pengolahan sumber data menggunakan metode manual dan elektronik menghasilkan dokumen laporan internal (sarana pelayanan kesehatan) dan dokumen laporan eksternal untuk ditujukan ke sarana kesehatan (dinas kesehatan, kementerian kesehatan, asuransi kesehatan) secara rutin (P3CP3);
  12. Mampu mengevaluasi isi rekam medis (manual dan elektronik) menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif yang disajikan dalam bentuk laporan mutu rekam medis pada kondisi rutin (P3CP4);
  13. Mampu melakukan pengembangan diri terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui seminar, pelatihan dan pendidikan di bidang rekam medis dan informasi kesehatan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang perekam medis dan informasi kesehatan (P3CP5);
  14. Mampu melaksanakan pengelolaan sistem pembiayaan kesehatan berdasarkan data rekam medis baik manual maupun elektronik untuk menghasilkan mutu pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang optimal (P3CP6).

Tertarik kuliah di tempat kami, yuk daftar dan amankan kuota mahasiswa yang terbatas