TENTANG PRODI

Kemajuan teknologi merupakan suatu dorongan untuk program studi yang menjadi bagian akademik khususnya D3 teknologi Laboratorium Medik dalam menyelenggarakan pendidikan untuk bisa memenuhi kebutuhan daerah terutama dari segi kesehatan masyarakatnya. Hal ini mendorong terselenggaranya pembangunan di bidang sumber daya tenaga kesehatan, yang bersifat multi disiplin, lintas program dan lintas sektoral yang melibatkan organisasi profesi maupun masyarakat.Adanya sumber daya tenaga kesehatan yang berkualitas merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seiring dengan kemajuan teknologi di segala aspek kehidupan masyarakat, kondisi ini telah mengubah pola pandang masyarakat terhadap berbagai aspek termasuk terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya. Di samping itu era globalisasi atau perdagangan bebas telah membawa perubahan terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk tuntutan kebutuhan dalam bidang kesehatan. Dengan keikutsertaan Indonesia menjadi angota AFTA (ASEAN Free Trade Association) yang sudah berlaku mulai dari 2010 dan NAFTA (North Atlantic Free Trade Association) berlaku paling lambat tahun 2020, dituntut agar tenaga kesehatan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang memadai dan terus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dan sejajar dengan tenaga kesehatan dari mancanegara.

Tuntutan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap tenaga kesehatan tersebut tidak terkecuali juga ditujukan kepada tenaga kesehatan dibidang pelayanan laboratorium. Ahli Teknologi Laboratorium Mediksebagai individu yang bekerja di dalam pelayanan laboratorium harus senantiasa mengembangkan diri dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan adanya jaminan mutu terhadap hasil pengujian laboratorium, dan tuntutan terhadap pelayanan yang prima.Hal ini disebabkan pelayanan laboratorium medik merupakan bagian yang tidak terpisahkan daripelayanan kesehatan kepada masyarakat. Laboratorium medik sebagai salah satu unit pelayanan kesehatan, diharapkan memberikan informasi teliti dan akurat tentang aspek laboratoris terhadap spesimen/sampel yang pengujiannya dilakukan di laboratorium.

Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik melakukan pengujian secara laboratoris dengan menggunakan pengetahuan dan metode dari disiplin ilmu biomedis untuk membantu dan atau menegakkan diagnosis penyakit, pemantauan pengobatan serta pencegahan penyakit pada manusia. Tugas pokok Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah melaksanakan pelayanan laboratorium medik, yang meliputi pengambilan dan analisis terhadap spesimen biologi, melakukan verifikasi hasil pemeriksaan laboratorium, melaksanakan promosi pelayanan laboratorium medik serta mampu membantu dalam penelitian bidang laboratorium medik meliputi bidang hematologi, kimia klinik, imuno-serologi, bakteriologi, virologi, parasitologi, mikologi, toksikologi klinik, dan patologi anatomi serta biologi molekuler khususnya teknik analisa molekuler.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut di atas adalah dengan merubah dan memperbaiki sistem pendidikan Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Dimulai dengan perubahan orientasi kurikulum yang berbasis Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia serta sesuai dengan visi misi dari program studi D3 Teknologi Laboratorium Medik, memperbaiki metode, juga mengacu pada kebutuhan pengguna layanan laboratorium yang dapat bersaing dan menembus pasar kerja global.

KAPRODI

DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK

IKA NURFAJRI MENTARI, S.ST., M.Kes

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) yang Unggul pada Bidang Biologi Molekuler Tahun 2025

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi D3 Analis Kesehatan yang unggul dalam bidang biologi molekular dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang biologi molekular khususnya malaria, hepatitis dan tuberkulosis paru.
  3. Mengembangkan kualitas dan kuantitas di berbagai skim penelitian dan pengbadian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa dalam bidang biologi molekular yang dipublikasikan sebagai upaya menghadapi persaingan global.
  4. Mengembangkan kerjasama dan kemampuan dalam sistem organisasi, evaluasi, manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki dengan memanfaatkan kemajuan dibidang biologi molekular.
  5. Mengembangkan mutu lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga terwujud brand image Program Studi di tengah-tengah publik dalam pengembangan kewirausahaan dan pengembangan dalam bidang analis kesehatan khususnya biologi molekular.

PENGHARGAAN DOSEN

TUJUAN

 

  1. Menghasilkan pendidikan Program Studi DIII Analis Kesehatan yang unggul dalam bidang molekuler dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang molekuler khususnya malaria, hepatitis dan tuberkulosis paru.

  3. Menghasilkan kualitas dan kuantitas di berbagai skim penelitian dan pengbadian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa dalam bidang biologi molekuler yang dipublikasikan sebagai upaya menghadapi persaingan global.

  4. Menghasilkan kerjasama dan kemampuan dalam sistem organisasi, evaluasi, manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki dengan memanfaatkan kemajuan dibidang biologi molekuler.

  5. Menghasilkan mutu lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga terwujud brand image Program Studi di tengah-tengah publik dalam pengembangan kewirausahaan dan pengembangan dalam bidang Analis Kesehatan khususnya biologi molekuler.

LULUSAN

Prospek

Teknisi Flebotomi

Teknisi Laboratorium Medik

Verifikator proses pemeriksaan laboratorium medik

Pelaksana promosi pelayanan laboratorium medik

Asisten Peneliti

Teknisi Laboratorium Biologi Molekuler

Alumni

KEGIATAN INTERNASIONAL