TENTANG PRODI

APTIKOM merumuskan bahwa bidang kajian dari RPL terbagai dalam 5
(lima) jenis, yaitu (1) Komputansi, (2) Rekayasa Perangkat Lunak, (3) Matematika
dan Statistika, (4) Arsitektur Komputer, dan (5) Multimedia. Saat ini, di
Indonesia kebutuhan terhadap tenaga kerja dalam bidang ini sangat tinggi.
Kebutuhan ini juga dipertegas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika yang
menyatakan bahawa Indonesia darurat tenaga programmer. Tentu saja kondisi
serupa juga dialami oleh provinsi-provinsi di Indonesia termasuk provinsi Nusa
Tenggara Barat (NTB)

Tinggi kebutuhan tenaga kerja pada bidang ini terlihat dari besarnya jumlah lowongan kerja disejumlah situs pencari kerja. Pada Jobstreet.com dan linkedin.com terdapat lebih dari 2000 lowongan kerja. Selain itu bertebarannya start-up digital di Indonesia juga menyediakan banyak sekali peluang kerja bagi lulusan pada bidang RPL. Kebutuhan akan tenaga kerja pada bidang ini juga merupakan imbas dari revolusi industri 4.0. Dimana revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang. Terdapat 9 pilar utama dari revolusi industri 4.0 yang seluruhnya membutuhkan keahlian pada bidang rekayasa perangkat lunak.

KAPRODI

DOSEN DAN TENAGA PENDIDIK

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi program studi rekayasa perangkat lunak yang unggul dan inovatif dalam bidang bisnis, teknologi informasiĀ  dan kesehatan pada tahun 2026

MISI

  1. Menyelengarakan pendidikan tinggi rekayasa perangkat lunak yang berwawasan revolusi industry 5.0
  2. Pelaksanaan penelitian dalam bidang rekayasa perangkkat lunak yang dapat bersaing secara nasional maupun internasional.
  3. Penerapan keilmuan rekayasa perangkat lunak dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang adaftif bermanfaat dan professional dalam seluruh bidang tekologi informasi & kesehatan.
  4. Mengelola program studi secara mandiri dan baik guna mennciptakan sumber daya manusia yang unggul dalam keahlian Khusus (Bisnis,Teknologi Informasi, Robotika dan Sistem informasiĀ  kesehatan).

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak yang professional sehingga mampu memecahkan masalah-masalah di bidang keilmuannya.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa.
  3. Ikut serta dalam pengembangan kompetensi masyarakat di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak melalui pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menjalin hubungan Kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, lemabaga swasta, industry dan masyarakat

GELAR AKADEMIK

Sarjana Terapan Komputer (S.Tr.Kom)

PROFIL LULUSAN

PROSPEK

Analisis Bisnis

Desain Grafis

Programmer

Akademisi

Pengusaha

ALUMNI