Program Pengembangnan dan Pengabdian Masyarakat Desa (P3MD)



Bermodalkan Tri Dharma Perguruan tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajara, Penelitian dan Pengabdian Kepada Msyarakat, Tepat pada hari Sabtu 22 Desembaer 2018 Secara resmi Direktur dan Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan Politeknik Medica Farma Husada Mataram melepas secara simbolis mahasiswa peserta program pengabdian masyarakat desa di halaman kampus. Acara pelepasan tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa/I peserta kegiatan beserta bapak/ ibu dosen pembimbing lapangan. Kegiatan yang sudah berjalan selama 3 tahun ini merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa tingkat akhir mengawali PKL selama 3 bulan, yaitu P3MD, PKL Surabaya dan PKL Mataram. P3MD merupakan kegiatan unggulan kampus karena selama masa kegiatan tersebut dijalankan, mahasiswa akan berada ditengah-tengah masyarakat untuk langsung mengaplikasikan keilmuan yang didapat selama kuliah di kampus.


Kegiatan P3MD ini tersebar di Desa-Desa Binaan Politeknik Medica Farma Husada Mataram dan desa-desa lainnya yang sudah bekerjasama cukup lama dengan kampus. Desa yang menjadi tujuan P3MD kali ini yaitu Desa-desa diwilayah Pulau Sumbawa dan Bima, itu dikarenakan pada tahun 2017 lalu lokasi P3MD lebih dominan diwilayah  Pulau Lombok. Setiap Posko dimasing-masing desa, tersebar mahasiswa dari semua program studi.


Kegiatan yang diadakan selama satu bulan ini menghasilkan banyak sekali kegiatan ditengah-tengah masyarakat antara lain penyuluhan kesehatan seperti PHBS )Perilaku hidup bersih dan sehat, penyuluhan HIV Aids, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Posyandu dengan Tim Puskesmas Setempat, Penanaman bibit tanaman Obat Tradisional, Penghijaun, sampai pada terselenggaranya lomba  -lomba yang beragam. Semua kegiatan memiliki sasaran masing-masing dari anak balita, anak sekolah, sampai pada orangtua

Tinggalkan Balasan