Program Pengembangan  dan Pengabdian Masyarakat Desa(P3MD) merupakan wadah pembelajaran bagi mahasiswa unutk memberdayakan masyarakat. P3MD sendiri merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja pada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Di samping itu, P3MD jug amerupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, serta persyaratan tertentu.

Setelah sukses dengan Program tersebut yang diadakan di desa-desa di wilayah Lombok, Politeknik mulai berani mengambil langkah lebar dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram terkait kegiatan P3MD yang digadang-gadang akan dilaksanakan juga didaerah perkotaan. Hal ini disambut baik oleh Asisten 1 Walikota Mataram, Bapak Lalu Martawang yang ditemui dikantorya pada selasa, 29 Oktober 2019.

Direktur Politeknik Medica Farma Husada Mataram bersama Wakil Direktur 1 Bid.Akademik & Kurikulum, Wakil Direktur 2 Bid.SDM & Kerjasama, Kepala HUMAS Politeknik Medica Farma Husada Mataram juga ikut serta Bag.Pengabdian Masyarakat yang disambut langsung oleh Asisten 1 Walikota Mataram Bapak Lalu Martawang, dan Kabag.Humas Bapak Lalu Mahsun dalam agenda penjabaran kegiatan Program Pengembangan  dan Pengabdian Masyarakat Desa(P3MD) yang akan diselenggarakan oleh Mahasiswa Politeknik Medica Farma Husada berkolaborasi dengan Mahasiswa dari PICOMS International University College Kuala Lumpur.

Sesuai dengan tujuan kegiatan P3MD yaitu meningkatkan pengalaman mahasiswa dan keikutsertaan dalam proses pembangunan nasional khususnya pembangunan Sumber Daya di Nusa Tenggara Barat, maka kerjasama dengan pihak Pemerintah Kota dan Kabupaten sangat diperlukan, terlebih dengan keikutsertaan Mahasiswa luar Negeri tersebut. Respon yang serupa dilontarkan oleh Asisten 1 Bupati Lombok Barat H. Ilham, M.Pd, “Kegiatan ini bukan hanya membawa nama baik kampus, melainkan Negara sehingga harus mendapatkan perhatian lebih dari Pemda”.

Kegiatan P3MD ini sendiri berlokasi diwilayah pinggiran Kota Mataram dan wilayah kabupaten Lombok Barat, sehingga dukungan dari Pmkot dan Pemda setempat sangat dibutuhkan terkait dengan lokasi.(Humas MFH)