Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mataram 2019

Sesuai dengan jenjang yang terdapat pada Politeknik Medica Farma Huasada Mataram (MFH), yaitu Diploma 3, pratikum menjadi sebuah kewajiban bagi setiap mahasiswa/i. Praktik Kerja Lapangan menyediakan fasilitas bagi para mahasiswa/i Politeknik MFH untuk merasakan atmosfer dunia kerja ketika masa perkuliahan.

Hal ini juga sebagaimana yang tercermin dalam pendidikan nasional berbasis Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara dalam peningkatan ekonomi dan kehidupan yang makmur.

Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa D3 Farmasi, D3 TeknologiLaboratorium Medik & D3 Rekam Medis

Setelah 1 bulan yang lalu menjajaki Program Praktik Kerja Lapangan di surabaya pada bulan Februari 2019, mahasiswa/i Politeknik MFH lagi-lagi mendapatkan pembelajaran dalam program Praktik Kerja Lapangan Mataram (PKL Mataram) selama 1 bulan lamanya yang dimulai pada tanggal 4 Maret sampai dengan 4 April 2019. Hal ini menjadikan mahasiswa/i Politeknik MFH menjadi tenaga praktisi yang siap menjajal dunia kerja, dikarenakan pengalaman mereka di lapangan yang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Adapun tujuan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan oleh Politeknik Medica Farma Husada Mataram antara lain :

1. Praktek Kerja memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan disiplin dan pengembangan karier. Ketika di lapangan melaksanakan praktek kerja, mahasiswa dapat menilai tentang pengembangan dari ilmu yang mereka miliki.

2. Agar Praktek Kerja Lapangan menjadi media pengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah ke tempat kerja.

3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi . Praktek Kerja Lapangan dapat menjadi media promosi lembaga terhadap institusi kerja. Kualitas lembaga perguruan tinggi dapat terukur dari kualitas para mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan tersebut. Selain itu praktek kerja lapangan juga dapat membantu institusi kerja untuk mendapatkan tenaga kerja akademis yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang dimilikinya.

4. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang diperoleh di lapangan. Mahasiswa akan merasakan secara langsung perbedaan antara teori di kelas dengan yang ada di lapangan. Praktek Kerja Lapangan sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman kerja sehingga dapat menjadi tenaga kerja profesional nantinya.

5. Lebih dapat memahami konsep-konsep non-akademis di dunia kerja. Praktek kerja lapangan akan memberikan pendidikan berupa etika kerja, disiplin, kerja keras, profesionalitas, dan lain-lain.

Kegiatan Peracikan Obat Mahasiswa/i Program D3 Farmasi di Apotek
Mahasiswa/i Program D3 Rekam Medis pada pelayanan pasien di Puskesmas Karang Taliwang Mataram
Mahasiwa/i Program D3 Teknologi Laoratorium Medik yang sedang praktik Kerja Lapangan di Rumah Sakit Kota Mataram

Tinggalkan Balasan