Peserta Global Mobility Politeknik MFH di depan Kampus PICOMS Kuala Lumpur Malaysia

Banyak cara yang ditempuh oleh kampus Politeknik Medica Farma Husada (PMFH) mataram untuk menjadi World Class University. Salah satunya adalah dengan mengirim dosen dan sejumlah mahasiswa ke luar Negri.

Alhamdulillah, pada awal tahun 2020 kampus Politeknik Medica Farma Husada (PMFH) mataram mengirim mahasiswanya dan dosenya berangkat ke Picoms International University College, Malaysia.

Politeknik Medica Farma Husada Mataram mengirim 15 mahasiswi dan 2 orang dosen pembimbing dalam rangka Program Global Mobility ke Picoms International University College Kuala Lumpur pada 22 Februari 2020, hal serupa yang telah dilakukan oleh PICOMS pada desember lalu yang dimana puluhan mahasiswa/i dari salah satu kampus ternama di Kuala Lumpur tersebut berkegiatan di Politeknik Medica Farma Husada Mataram, khususnya Pulau Lombok.

“Politeknik MFH Mataram telah mempersiapkan keberangkatan mahasiswanya ke Picoms International University College Kuala Lumpur Malaysia awal Februar kemarin, para peserta yang ikut andil dalam kegiatan tersebut merupakan mahasiswa yang telah melalui tes dan interview, akhirnya didapatkan sekitar 15 orang mahasiswa/i Farmasi dan Analis Kesehatan untuk program Global Mobility Program di Picoms”, Ungkap Direktur Politeknik MFH Syamsuriansyah,. MM.,M.Kes pada pelepasan mahasiswa/I Program Global Mobility.

Adapun tujuan umum dari program Global Mobility tersebut adalah, untuk memperkaya ilmu pengetahuan para peserta pada jurusannya masing-masing, dan tidak menutup kemungkinan kegiatan tersebut menjadi ajang meluaskan pengetahuan tentang budaya luar, dan dapat mempererat hubungan Internasional yang baik bagi kedua institusi, baik Politeknik MFH maupun PICOMS.

Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Roushandy Asri Fardani., S.Si., M.Pd  disela-sela kegiatan tersebut (20/2/2020) mengatakan, bawha program  Global Mobility dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu para mahasiswa Politeknik MFH dalam menempuh pendidikan di kampus untuk masa akan datang.

Sementara itu, Wakil Direktur 2 Bidang SDM dan Kerjasama, Reni Chairunnisa,. SKM,. M.Kes mengatakan, selain program  Global Mobility, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan promosi Politeknik MFH Ke beberapa lokasi Malaysia,

“Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Politeknik MFH ke Luar Negeri ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus kami di Kancah Internasional dan juga untuk meningkatkan daya tarik mahasiswa luar negeri untuk melanjutkan kuliah di Politeknik Medica Farma Husada Mataram,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap semoga mereka dapat memaksimalkan keberadaan mereka di Malaysia untuk belajar dengan baik. “semoga apa yang mereka peroleh di Malaysia dapat diimplementasikan untuk peningkatan SDM dan Kemajuan Kampus PMFH kedepannya,” sebut Reni Chairunnisah, salah satu Dosen Muda dan Energik yang dimiliki Kampus PMFH Mataram.

Kegiatan selama di Malaysia di antaranya aktivitas perkuliahan dan memperkenalkan sejumlah budaya di NTB melalui kegiatan seminar, konferensi internasional, dan lain-lain.


Disampaikan oleh Wakil Direktur I, Ajeng Dian Pertiwi, M.Farm., Apt., bahwa Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan, kunjungan ke rumah sakit dan juga pabrik Farmasi di Malaysia. “Di puncak acara, mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan International Conference on Sciences, Technology, Education and Management (InSTEM) 2020 & PICOMS Science and Management (PICOMSAM) Symposium,”katanya.

Sementara, Mahasiswa PMFH Mataram mengungkapkan, ini pengalaman pertama saya belajar di negara orang. Kesempatan emas yang diberikan oleh kampus buat saya bangga terharu, mengingat dari banyak siswa yang mengingingkan belajar di luar negeri. ” Terimkasih PMFH Mataram, semoga kesempatan ini bisa saya untuk menggali ilmu yang banyak untuk dibagikan ke teman dikampus yang belum berkesempatan, selain buat kampus sendiri,” sebut Rusyati Ningsih, salah satu mahasiswa yang ikut dalam rombongan.