16-28 juli 2018, berlokasi di negeri tetangga “Malaysia”, mahasiswa program studi D3 Analis Kesehatan mengunjungi “Universiti Selangor ” atau lebih dikenal dengan sebutan “Unisel” didampingi beberapa dosen dalam rangkaian kegiatan “Inbound Mobility” yang diselenggarakan berdasarkan MoU atau kesepakatan antara Politeknik Medica Farma Husada Mataram dan Universiti Selangor .

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) minggu ini selain dalam rangka menerapkan point-point dalam MoU antara kedua Pihak, juga bertujuan untuk membuka wawasan bagi mahasiswa/i Politeknik Medica Farma Husada Mataram pada umumnya dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Microtomy

Dalam kegiatan Inbound Mobility terebut, mahasiswa Politeknik MFH mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran yang memberikan benefit secara personal untuk diri mereka sendiri. Konsentrasi dari para mahasiswa/i Politeknik MFH program D3 Analis Kesehatan sendiri adalah tentang segala hal yang berkaitan dengan Laboratorium sehingga fokus dari kegiatan itu sendiri diwilayah Laboratorium Universiti Selangor.

Selain alat Microtomy (Pemotong Jaringan), mahasiswa/i Politeknik MFH juga berhadapan langsung dengan alat PCR ( Polymerase Chain Reaction), merupakan suatu teknik atau metode perbanyakan (Replikasi) DNA secara enzimatik tanpa menggunakan organisme. Dengan teknik ini, DNA dapat dihasilkan dalam jumlah besar dengan waktu relatif singkat sehingga memudahkan berbagai teknik lain yang menggunakan DNA.

Alat PCR

“Alat-alat seperti Microtomy dan PCR merupakan alat yang jarang ditemmui oleh Mahasiswa/i Politeknik MFH, sehingga moment Inbound Mobilty diLab. Unniversiti Selangor menjadi hal yang luar biasa bagi para peserta Inbound Mobility tersebut”.

Hal positif senada didapatkan dari peserta, kesan yang baik pun terucap dari beberapa peserta mobility program, “Terima kasih atas sambutan hangatnya, kami tidak menyangka akan sebaik ini dan semoga kita dapat saling bekerjasama selanjutnya” ungkap Idham Khalid.,M.Si, Dosen pembimbing dari Pooliteknik MFH.

Penyerahan cinderamata dari Prof.Dr.Mohd.Nazil Bin saleh (jas hitam), salah satu dekan di UNISEL

Melalui kunjungan ini semoga Politeknik MFH dapat meningkatkan kualitas mahasiswa/i mereka, sejalan dengan harapan dan visi-misi Politeknik MFH.