Mataram, 4 Januari 2019, Program Studi Diploma III Rekam Medis & Informasi Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram menggelar Kuliah Pakar yang berlokasi di Aula 1 kampus Politeknik Medica Farma Husada Mataram. Kegiatan yang dihadiri hampir seluruh mahasiswa/i prodi Rekam Medis tersebut mengambil tema, “Implementasi Kaizen dalam Lean Management”, dan dilengkapi dengan narasumber, Dr. Firman, SE.,MPH seorang pakar dalam Lean Management, beliau banyak menjadi konsultan di rumah sakit di Indonesia.

Peserta yang hadir bukan hanya dari mahasiswa/i saja, pejabat setempat juga ambil andil dalam mengikuti kuliah pakar tersebut.

Wakil Direktur 2 Reni Chairunnisah, SKM.,MPH, memberikan sambutan sekaligus membuka acara terebut, Dalam sambutannya beliau berpesan agar peserta dapat mengikuti dan memahami isi dari acara tersebut dengan baik, sehingga para mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam dunia kerja kedepannya, dan bagi para pejabat setempat diharapkan dapat mengaplikasikannya pada unit kerja masing-masing.

Menurut Ketua Program Studi Diploma III Rekam Medis & Informasi Kesehatan Politeknik MFH Mataram Noor Alamsyah, MT, tujuan diadakannya Kuliah Pakar tersebut semata-mata untuk memberikan wawasan untuk mahasiswa terkait Lean Management, yang dimana hal tersebut sangat bagus untuk meminimalisir dan mencegah adanya pemborosan ataupun proses-proses yang tidak bernilai tambah (non value added) dengan cara perbaikan berkelanjutan (continuous improvement)  dalam dunia kerja efisien dalam artian dapat diterapkan oleh para mahasiswa/i saat berada di dunia kerja nantinya.

Lean Management juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dirumah, ujar Dr. Firman. Adapun contoh-contoh penerapan penataan rumah, kampus kantor adalah beberapa hal serupa dengan Lean Manajemen pada Rumah Sakit, karna Lean Manajemen sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi dalam menata suatu tempat ataupun proses-proses yang ada dalam tempat itu sendiri.

Sedikitnya 7 strategi untuk meningkatkan efisiensi diantaranya adalah dengan fokus ke upaya peningkatan mutu, membangun budaya mutu, menggunakan teknologi, mengelola kompetensi dan peran SDM, meningkatkan mutu komunikasi, standarisasi proses dan suplier, serta integrasi berbagai sistem dan pelayanan. “Dalam mengimplementasikan Lean ini, kita memulai dari mutu, jika mutu naik, maka efisiensi akan mengikuti, jadi bukan efisiensi dulu yang ditekankan, tetapi budayakan mutu dahulu” jelas Dr. Firman.