International Conference Science, Technology, Education and Management (InSTEM) 2020 in Conjunction with PICOMS Science and Management Symposium (PICOMSAM), merupakan ajang berkelas yang diadakan oleh PICOMS International University College Kuala Lumpur Malaysia. Konferensi ini bertujuan untuk menyoroti hal yang berkaitan dengan pemberdayaan jaringan penelitian dengan mengintegrasikan ide dan pemikiran dalam berbagai bidang studi, yang diamana ditekankan pada bebrapa disiplin ilmu seperti,  ilmu Sains, teknologi, pendidikan dan manajemen. Kegiatan yang diikuti oleh perguruan tinggi dari sejumlah negara, terutama di Asia Tenggara tersebut juga merupakan wadah untuk saling berbagi ilmu antar perguruan tinggi yang hadir ketika itu.

Hal menarikpun hadir pada kegiatan yang diselenggarakan pada 3 Maret 2020 tersebut, sebuah kehormatan diberikan oleh PICOMS kepada dua dosen dari Politeknik Medica Farma Husada Mataram, untuk menjadi perwakilan perguruan tinggi dari indonesia sebagai panelis di ajang bergengsi tersebut.

Ika Nurfajri Mentari, M.Kes dan Sri Idawati, S.Farm.,M.Pd adalah sosok yang sangat beruntung, pasalnya kedua delegasi dari  Politeknik Medica Farma Husada tersebut adalah yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi panelis dan menilai setiap poster yang berkaitan dengan Health and Science yang ditampilkan dalam InSTEM PICOMSAM Malaysia.

“Suatu kebanggaan khusunya bagi kami, delegasi dari Politeknik Medica Farma Husada Mataram terpilih menjadi panelis di acara internasional ini, kami tidak menyangka kehormatan ini diberikan pada kami oleh pihak penyelenggara” ujar Ika.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, Politeknik Medica Farma Husada Mataram bersama dua perguruan tinggi di Jawa Barat dan tiga perguruan tinggi di NTB menggelar kegiatan Global Mobility Program 2020 di PICOMS international University College, Malaysia.

Tanggapan positifpun terlontar dari Sri Idawati.,S.Farm.,M.Pd terkait kehormatan yang diberikan kepadanya untuk menjadi panelis dalam kegiatan InSTEM tersebut, “pastilah sangat bangga dan senang diberikan kesempatan di event internasional, jadi dengan kesempatan ini kita bisa tahu dan membuktikan kualitas yang kita miliki” kata beliau.

Dari penjelasan beliau juga didapatkan ada beberapa elemen penilaian seperti, Pengantar yang menarik, tujuan dan hasil penelitian yang jelas, Metodologi yang sesuai, presentasi penelitian disusun dengan benar, data visual yang jelas dan mudah dipahami, kemudian penyampaian materi yang menarik dan terakhir akurasi dan tingkat keefektifan saat diskusi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 minggu itu diharapkannya dapat memberikan pandangan baru tentang dunia pendidikan tinggi, khususnya bagi Politeknik Medica Farma Husada Mataram. Sehingga, dapat diterapkan untuk pengembangan internal dan eksternal kampus. Adapun kegiatan yang diikuti dalam Global Mobility tersebut adalah, Peresmian PICOMS’ GMP (Inbound) 2020 oleh Naib Canselor. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke kuala lumpur, dan melakukan aktifitas bersama Program & Fakulti. Event yang tidak kalah menarinya adalah Seminar Halal Awareness yang dimana membahas tentang isu-isu yang berkaitan prihal obat-obatan yang tidak halal yang dewasa ini melanda masyarakat global. Kemudian yang terakhir dan menjadi puncaknya adalah kegiatan International Conference on Sciences Technology, Education & Management (InSTEM) 2020 dan PICOMS Science and Management (PICOMSAM) Symposium di PICOMS Batu Muda. (Humas_MFH).